BCA

Saturday, March 5, 2011

Aktivitas dan Pengalaman selama Magang

Saya mengikuti program magang di BCA Veteran, Surabaya selama 5 hari (tanggal 7-11 Februari 2011). Selama saya magang di BCA Veteran, saya diharuskan datang maksimal pukul 7.50 dan pulang pukul 16.00.  Pakaian yang harus saya kenakan adalah atasan putih dan bawahan hitam untuk hari Senin sampai Kamis dan baju bebas untuk hari Jumat. Setiap hari saya mengikuti briefing sebelum jam layanan dibuka. Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang saya lakukan selama magang di BCA Veteran, Surabaya.

Hari ke-1
- Observasi di bagian CSO
CSO adalah bagian layanan untuk melayani keluhan-keluhan dan masalah-masalah yang dialami oleh nasabah. Contoh kasus yang ditangani oleh CSO adalah penggantian buku, update data diri, pembukaan rekening, penutupan rekening, aktivasi m-BCA, dll.
- Mempelajari program-program BCA dan ketentuan-ketentuannya

Hari ke-2
- Observasi di bagian Service Counter
Service Counter adalah tempat untuk pengambilan mutasi harian, rekening koran,
- Memilah laporan CSO harian
Setiap hari akan ada laporan akan apa saja yang dilakukan atau apa saja aktivitas CSO pada satu hari penuh. Data-data tersebut akan dicetak setiap hari untuk di periksa ulang. Laporan-laporan yang akan dicetak adalah laporan penghapusan kartu, penerbitan kartu, data rekening baru, registrasi/ubah/atau hapus data, dll.
- Memusnahkan kartu ATM yang tertelan di dalam mesin.
Kartu ATM yang tertelan di dalam mesin dapat terjadi jika pemilik kartu memasukkan kode rahasia yang salah sebanyak 3 kali. Kasus ini juga bisa terjadi karena pemilik kartu meninggalkan kartu setelah transaksi dalam kurun waktu tertentu, sehingga mesin secara otomatis akan menelan kartu itu. Kartu yang telah tertelan harus dimusnahkan dan diganti dengan kartu yang baru.

Hari ke-3
- Menyusun dan menyiapkan rekening koran
Rekening koran adalah laporan transaksi per bulan. Saya menyiapkan rekening koran untuk perusahaan-perusahaan yang memiliki banyak rekening sehingga saat pengambilan mereka tidak perlu menunggu lama karena telah dikelompokkan terlebih dahulu.
- Menyiapkan mutasi harian nasabah
Mutasi harian adalah catatan semua transaksi nasabah pada satu hari penuh. Kebanyakan nasabah yang mengambil mutasi harian memiliki transaksi yang sangat banyak dalam satu hari sehingga mereka perlu mengecek ulang transaksi mereka.
- Menyiapkan slip setoran untuk besok

Hari ke-4
- Menyiapkan rekening koran
- Menyiapkan mutasi harian
- Membantu Duty Officer
Duty Officer adalah orang yang menyambut kedatangan nasabah dan membantu mereka jika mereka kesulitan dalam pengisian slip. Juga membantu Nasabah yang membutuhkan informasi jika tidak tahu harus antri di counter yang mana.

Hari ke-5
- Observasi Teller
Teller adalah bagian yang membutuhkan ketelitian yang baik. Disini nasabah melakukan transaksi dengan uang tunai. Setoran tunai, penarikan tunai dan pemindahan dana antar rekening dilakukan disini. Area teller dilengkapi dengan mesin penghitung uang dan lampu dengan sinar ultraviolet supaya mereka bisa memastikan jumlah uang dengan cepat dan teliti serta mengetahui keaslian uang. Pada akhir jam layanan, mereka harus menghitung ulang jumlah uang dan transaksi yang dilakukan supaya tidak terjadi kesalahan atau selisih dana.

No comments:

Post a Comment