BCA

Saturday, March 5, 2011

Observasi dan Refleksi Pribadi

Setelah menjalani magang di BCA Veteran, Surabaya, saya menyadari betapa pentingnya kedisiplinan itu. Saya bersyukur karena telah diberi kesempatan untuk magang di BCA Veteran sehingga saya dapat mengalami langsung dan merasakan bagaimana suasana kerja serta apa saja kualitas yang dibutuhkan saat masuk ke dunia kerja terutama jika bekerja di perusahaan besar.

Selama lima hari, saya melihat pelayanan BCA Veteran yang sangat profesional. Ini membuat saya berpikir bahwa sudah saatnya saya mulai berpikir lebih dewasa. Saya sudah harus memikirkan etika dan norma saat berbicara kepada orang lain. Masa SMA sudah hampir berakhir dan saya harus lebih mempersiapkan diri untuk melangkah ke dunia perkuliahan dan pekerjaan.

Saya merasa BCA Veteran memiliki banyak kelebihan. Salah satu hal yang saya kagumi adalah adanya briefing dan doa bersama sebelum jam kerja dimulai. Saya merasa kegiatan seperti ini sangat penting karena mereka selalu mengevaluasi kesalahan mereka dan berusaha untuk memperbaiki, doa juga merupakan dorongan spiritual tambahan untuk meningkatkan performa mereka saat bekerja. Setelah doa bersama, mereka juga selalu mengucapkan yel-yel yang bisa memberi semangat kerja di pagi hari. Profesionalisme dan kesopanan mereka dalam menghadapi nasabah adalah kelebihan mereka. Sistem kerja mereka juga patut diberi penghargaan. Hal yang menurut saya paling berkesan adalah bagaimana mereka bersatu dan bekerjasama dengan baik sehingga mereka bisa menciptakan suasana kerja yang menyenangkan dan tidak membosankan. Selama lima hari bersama BCA Veteran, saya menemukan beberapa nasabah yang emosional dan mereka memiliki watak yang berbeda-beda, oleh karena itu, para CSO harus lebih tenang dan berkepala dingin dalam menghadapi nasabah yang seperti itu. Dari sini, saya belajar untuk bisa menghadapi masalah dengan tidak melibatkan emosi. Penyelesaian masalah dengan tenang akan membuahkan hasil yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment